Bab XVI Pementasan Teater Berdurasi Pendek Kelas 9 (SMP/MTS) SENI BUDAYA
Ringkasan Buku Sekolah
Kelas 9 (SMP/MTS)
SENI BUDAYA
Bab XVI Pementasan Teater Berdurasi Pendek
A Tujuan Pembelajaran
Peserta didik diharapkan dapat mengapresiasi dan berkreasi seni teater, yaitu:
1. Mengidentifikasi pementasan teater modern.
2. Mendeskripsikan langkah-langkah pementasan teater berdurasi pendek.
3. Melakukan eksplorasi persiapan pementasan, pementasan, dan pasca pementasan.
4. Merancang pekerjaan manajemen produksi dan manajemen artistik.
5. Mengomunikasikan rancangan pementasan dalam wujud pementasan teater berdurasi pendek.
6. Mengevaluasi hasil pementasan yang telah dilaksanakan.
B Proses Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
1. Melaksanakan manajemen produksi.
2. Melaksanakan manajemen artistik.
3. Melaksanakan pementasan teater berdurasi pendek.
4. Melakukan evaluasi hasil pementasan.
Pekerjaan pementasan dilaksanakan mulai dari persiapan, pementasan dan evaluasi pementasan.
Persiapan pementasan yang dilakukan oleh tim manajemen produksi adalah yang berhubungan dengan memproduksi suatu produk tetapi selain pekerjaan yang bersifat artistik.
Pekerjaan-pekerjaan itu adalah pekerjaan yang bersifat administratif, misalnya kesekretariatan, pendanaan, dokumentasi, publikasi, dan persiapan gedung untuk latihan karya.
Pekerjaan pementasan karya merupakan wujud dari hasil pekerjaan manajemen produksi dan manajemen artistik yang menyatu dan dinikmati serta diapresiasi oleh penonton.
Manajemen produksi langsung bekerja sesuai dengan bidang kerjanya, baik tim yang berada di bagian house
manager (bagian gedung, keamanan, ticketing, konsumsi, transportasi, penerima tamu), bagian dokumentasi, dan pimpinan produksi sebagai tuan rumah bagi para penonton.
Pekerjaan evaluasi dilakukan setelah melakukan pementasan.
Pekerjaan ini berfungsi sebagai bahan masukan kalau mau membuat karya yang baru.

Comments
Post a Comment